Jumat, 21 Desember 2018

KEMENKES PUNYA CARA UNIK UNTUK MEMANFAATKAN LIMBAH AIR AC



Hai My Readers pada kali ini saya akan membahas tentang kesehatan lingkungan salah satunya adalah LIMBAH AIR AC . KEMENKES RI punya cara unik untuk memanfaat kan limbah tersebut, Kira - kira cara unik seperti apa yang akan dilakukan KEMENKES RI untuk memanfaat limbah AC ini langsung saja kita lihat beritanya CHECK IT OUT....


Banyak perkantoran ataupun rumah yang belum mengetahui bahwa ternyata limbah pembuangan AC ternayata dapat juga dimanfaatkan.
Seperti yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) saat ini, yaitu melakukan gerakan kantor ramah lingkungan dengan melakukan konservasi air.

Kemenkes menggunakan air kondensasi AC ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tanaman 15 meter kubik setiap harinya. Saat pemerintah DKI Jakarta ini telah melarang menggunaan air tanah untuk menghemat pembiayaan dan menciptakan kantor ramah lingkungan Kemenkes akhirnya menampung limbah air AC.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, drg Kartini Rustandi, M.Kes menyampaikan bahwa segala upaya yang dilakukannya ini bertujuan untuk mengendalikan faktor risiko Kesehatan di lingkungan dan ketenagakerjaan.

"Air AC di sini kita manfaatkan untuk menyiram tanaman di area gedung ini, tentu saja airnya juga lebih bagus daripada air tanah," tutur drg. Kartini saat ditemui detikHealth pada acara Media Briefing 'Mengenal Tugas Pokok dan Fungsi Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga' detikHealth, Kamis, (20/12/2018).

Menurut drg Kartini, air kondensasi AC ini dinilai lebih baik karena ini merupakan hasil perubahan dari udara menjadi air sehingga air in tidak memiliki partikel sama sekali.
"Saat diuji dengan Total Dissolved Solid (TDS) air tanah sekitar 100 sampai 150 ppm, air PDAM 200 ppm, dan air kondensasi AC 0ppm," pungkas drg Kartini


DAN INILAH MANFAAT AIR AC YANG MUNGKIN BELUM ANDA KETAHUI

1. Menyiram Tanaman Karnivora
Selain banyak manfaat garam untuk tanaman, air buangan AC ini memiliki kandungan yang berbeda dengan air sumur atau air keran biasa, sehingga tidak ada kandungan mineral dalam air tersebut dan artinya air ini hampir serupa dengan air suling namun tidak terlalu bersih.
Untuk itu, air ini bisa digunakan kembali untuk menyiram tanaman yang memang tidak tolerir dengan air mineral seperti salah satunya tanaman karnivora.
Tanaman karnivora terkenal akan bereaksi buruk pada klorin yang sering ditemukan dalam air olahan.
Beberapa tanaman karnivora yang bisa disiram dengan air sisa buangan AC ini diantaranya adalah tanaman laba laba [Chlorophytum comosum], Marantas [Maranta Spp], dan Dracaenas [Dracaena Spp].

2. Untuk Air Radiator
Air sisa buangan AC ini juga bisa digunakan sebagai air radiator.
Air buangan AC dikatakan jauh lebih baik dibandingkan dengan air mineral botolan yang bisa digunakan sebagai air radiator.
Hal ini karena bisa membuat radiator semakin dingin dan juga berpengaruh terhadap udara dari AC mobil yang juga akan terasa semakin dingin.
Mengingat jika AC mobil akan berfungsi semakin maksimal jika mesin juga berada dalam kondisi yang baik.
Jika mesin mobil selalu dalam keadaan dingin, maka AC mobil juga semakin dingin sehingga mengurangi biaya servis untuk ganti oli.
Untuk penggunaan air buangan AC sebagai air radiator bisa diganti setiap dua bulan sekali.

3. Merawat Batuk Akik
Untuk Anda yang ingin merawat koleksi batu akik juga bisa menggunakan air buangan AC.
Air buangan AC akan bekerja lebih cepat untuk pengkristalan, sehingga bisa tembus cahaya jika memakai senter, manfaat batu akik pun bisa bertambah kualitasnya.
Untuk cara menggunakan air buangan AC ini adalah dengan merendam batu akik memakai air AC selama 1 jam yang harus dilakukan secara teratur sekitar 3 bulan.
Sedangkan untuk perawatan jenis batu akik badar lumut juga bisa memakai cara perendaman ini yang berfungsi untuk membuat batu terlihat lebih tua.
Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan wadah bening seperti bekas kemasan air mineral, lalu tuang air buangan AC ke dalamnya kemudian rendam batu akik di tempat yang dingin.



4. Mencuci Piring dan Peralatan
Menampung air buangan AC ini juga memiliki kegunaan lain, yakni untuk membersihkan berbagai peralatan rumah tangga seperti piring, manfaat panci presto, penggorengan, dan alat rumah tangga lain.
Air buangan AC ini bisa membersihkan peralatan lebih cepat dan hasil yang lebih kesat, khususnya untuk noda-noda di bagian bawah panci yang gosong atau menghitam, juga akan lebih cepat dihilangkan.

5. Membersihkan Toilet
Selain bisa menggunakan manfaat boraks untuk kebutuhan kamar mandi, kegunaan air buangan AC yang terakhir adalah untuk membersihkan toilet.
Beberapa elemen yang ada dalam air buangan AC ini bisa merontokkan noda-noda menguning di toilet yang susah untuk dihilangkan.
Untuk cara menggunakannya juga cukup mudah, yakni dengan menyiram toilet memakai air buangan AC dan diamkan selama semalam.
Keesokan paginya, toilet bisa digosok dengan menggunakan sikat dan hasilnya akan terlihat lebih bersih, kesat, sekaligus membunuh bakteri yang menempel dan tertinggal pada toilet tersebut.
Manfaat air buangan AC yang sering dianggap limbah ini ternyata bisa ditampung dan digunakan kembali untuk beberapa kebutuhan rumah tangga.
Dengan ulasan di atas, kami harap bisa menambah pengetahuan Anda dan bisa mendapatkan ide untuk penggunaan limbah AC ini dibandingkan hanya dibuang percuma.

Ok Guys mungkin itu saja yang bisa saya bagikan untuk hari ini Semoga bermanfaat, dan terima kasih telah membaca
SUMBER : Detik.com dan Tribunnews.com


1 komentar:

  1. The citizen titanium watch has a face on it
    The titanium price per ounce citizen titanium titanium rings for women watch used ford edge titanium has a face on titanium curling iron it and titanium flat iron a face on it that gives the viewer a better look, more experience and more

    BalasHapus