Jumat, 30 Juni 2017

MENKOMINFO Akan Bersiap Hadapi Virus PETYA


hai guys Kali ini saya akan membahas tentang Virus yang Menyerang Peralatan Elektronik kita Terutama Komputer atau Laptop kita, Virus ini suah banyak tersebar Di seluruh dunia. Kemungkinan Virus ini bisa saja menyerang Indonesia Nah Kira - kira Virus apa yang akan menyerang Indonesia Langsung saja kita mulai pembahasan nya CHECK IT OUT....



Menanggapi beredarnya virus PETYA di beberapa kawasan di seluruh dunia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mulai mengambil ancang-ancang.
Dalam pernyataannya baru-baru ini, Menkominfo Rudiantara mengatakan, Pemerintah akan terus memantau dan memitigasi pergerakan dan penyebaran virus PETYA di Indonesia.

“Notifikasi telah dikeluarkan oleh ID-SIRTII, organisasi yang diampu oleh Kementerian Kominfo yang antara lain untuk menangani insiden seperti serangan siber, kepada para mitra yang bekerja sama seperti penyelenggara jasa akses Internet, Penyelenggara NAP, dan juga kepada Kementerian/Lembaga,” katanya dalam siaran pers Kementerian Kominfo, Kamis (29/6/2017).

Rudiantara juga meminta masyakarat yang memiliki komputer untuk turut melakukan langkah antisipasi serangan PETYA dengan cara melakukan backup data sebelum mengaktifkan komputernya.
Kepada Pengelola Teknologi Informasi di berbagai Institusi, Rudiantara meminta agar menonaktifkan atau mencabut jaringan Lokal/LAN sementara sampai dipastikan semua aman untuk di-backup data ke storage atau tempat penyimpanan data terpisah.

Menkominfo mengingatkan agar menjaga kewaspadaan, yaitu selalu melakukan backup data, menggubakan sistem operasi yang orisinal dan update secara berkala, install antivirus dan upadte secara berkala dan gunakan password yang aman dan ganti berkala.

Rudiantara menegaskan juga kepada penyedia layanan publik kepada masyarakat dan khususnya yang menunjang layanan mudik lebaran 2017 agar terus menjaga kewaspadaan sistem elektroniknya dari walware.

Ia mengatakakan dalam skala global sedang terjadi serangan virus ransomware bernama PETYA. Cara bekerja virus PETYA mirip dengan ransomware WANNACRY yang menyerang skala global pada 13 Mei 2017 silam.

Virus ini sebelumnya telah menyerang beberapa negara seperti Rusia, Ukraina, India, dan Australia. Terakhir, pabrik coklat Cadbury harus berhenti beroperasi selama beberapa waktu karena seluruh komputer milik perusahaan tersebut tertular virus PETYA.

Berikut Tanda Tanda Bila Komputer Anda Terkena Virus WANNA CRY

tanda yang paling kentara adalah munculnya pop-up window yang berisi pesan bahwa data pemilik komputer telah dienkripsi, seperti yang bisa dilihat di foto di bawah ini. 



Jendela tersebut juga menampilkan informasi bagaimana mengembalikan data dan cara membayar uang tebusan untuk pembuat WannaCry. Terdapat juga hitung mundur batas waktu pembayaran uang tebusan dan tenggat waktu penghapusan dokumen jika tebusan tidak dibayar.Prompt dan notifikasi tersebut bahkan ada versi bahasa Indonesia karena WannaCry bersifat multi-lingual untuk menyasar korban di berbagai negara. Ada lebih dari 25 bahasa yang bisa ditampilkan oleh Ransomware ini.

Setelah itu, wallpaper Windows yang terjangkit akan diganti oleh sang virus dengan tulisan berjudul "Ooops, your important files are encrypted” dengan latar belakang hitam.
Tampilan wallpaper tersebut dapat dilihat dari gambar di bawah ini.
Setelah itu, data yang tersimpan di komputer yang terinfeksi tidak dapat diakses. Bahkan sekadar untuk melihat atau membaca isinya, bukan mengubah datanya.
Sampai saat ini, belum ada solusi untuk menyelamatkan data tersebut kecuali dengan membayar tebusan sebesar Rp 4 juta. 

Jika tidak sudi membayar, yang hanya bisa dilakukan adalah melakukan backup data yang terenkripsi tersebut ke media penyimpanan lain dengan harapan ada yang menemukan kunci enkripsi di suatu hari.
Tanda-tanda komputer yang terinfeksi ransomware WannaCry juga
bisa ditonton di dua video yang dibuat oleh pakar keamanan cyber dan pendiri Hacker House, Matthew Hickey.

Untuk Lebih lengkapnya kalian bisa melihat Video Berikut Ini : 

 

OK guys Mungkin itu saja Pembahsan kali inin terima kasih telah membaca Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar