Rabu, 12 Juli 2017

Kalimantan Selatan Siap. Untuk Gantikan Jakarta



 Hai Guys Kali ini saya akan membahas Berita yang baru baru ini muncul, Yang katanya Ibukota Tercinta INDONESIA ini akan Dipindahkan, dan diganti dengan Kota Lain, Namun Belum ada kepastian Dimana Kota yang akan di jadikan Ibukota, Berikut Pembahasannya,... CHECK IT OUT...


Provinsi Kalimantan Selatan dinilai layak menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia. Kalsel dianggap lebih unggul dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur untuk menggantikan posisi DKI Jakarta.

"Lebih cocok di Kalimantan Selatan," kata Asisten II Bidang Pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Hermansyah Manaf, di Banjarmasin, Minggu, 9 Juli 2017. 

Menurut dia, Kalimantan Selatan lebih pas menggantikan Jakarta karena letak geografis provinsi itu berada di tengah Indonesia dan jalur laut ALKI 2 sehingga dapat mendukung poros maritim. Lahan kosong seluas 300 ribu hektare bahkan masih tersedia di wilayah itu.

Ia menambahkan tanah di Kalimantan Selatan lebih keras dan berbeda dengan kontur tanah di Kalimantan Tengah. Hal itu membuat pembangunan infrastuktur dapat dilakukan dengan lebih baik. "Dan yang terpenting aman dari gempa," imbuh dia.

Kalsel memiliki kawasan metropolitan Banjarbakula yang meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut. Banjarbakula disebut-sebut cocok menjadi lokasi ibu kota negara.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Firman Soebagyo meminta pemerintah menjelaskan rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta kepada DPR. Selama ini DPR tidak pernah dimintai pertimbangan politik dan hukum oleh pemerintah.

"Seharusnya sedari awal DPR diajak bicara. Ini kan keputusan yang harus disetujui DPR. Harus ada diskusi, DPR memberikan pertimbangan politik, keuangan, dan lainnya. Agak aneh bin ajaib tiba-tiba wancana ini muncul tanpa ada konsultasi dengan DPR," ujar Firman.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bapenas Bambang Brodjonegoro mengatakan kajian pemindahan ibu kota, termasuk skema pendanaan, bakal rampung tahun ini. Firman pun mempertanyakan masalah pendanaan ini.

"Mau pakai utang negara. Yang mau bayar siapa? Ada banyak urusan yang lebih mendesak yang harus diselesaikan negara," kata Firman.

Alasan Kalsel Layak Gantikan Jakarta sebagai Ibu Kota

Berdasarkan hasil kajian sementara, ada dua tempat yang diusulkan.
Namun, dia enggan membeberkan letak dua tempat itu karena alasan keamanan.
"Berkaca dari peristiwa yang terjadi di masa lampau, ketika ibu kota negara hendak dipindahkan pada zaman Orde Lama pemerintahan Presiden Soeharto, tempat yang dicanangkan malah dibeli oleh para pengembang. Ketika mau melaksanakan, harga tanah sudah mahal," jelasnya, 

Dia optimistis Kalsel bakal menjadi ibu kota. Menurut Fajar, Kalsel setidaknya memiliki empat kelebihan.
"Dari sisi geografis, Kaliman Selatan menempati posisi yang hampir di tengah di antara kepulauan yang ada di Indonesia. Posisinya juga strategis, mau ke mana-mana bisa lebih dekat," ujar Fajar. Selain itu, kondisi Kalsel juga sangat representatif untuk menggantikan peran Jakarta. 

"Kalimantan Selatan berada pada jalur laut ALKI 2 sehingga dapat mendukung poros maritim. Sementara kontur tanah di Kalimantan Selatan juga lebih keras sehingga cocok untuk pembangunan infrastruktur dan yang terpenting aman dari gempa. Itu patut diperhitungkan," imbuh Fajar. 

Dari segi sejarah, sambung Fajar, Kalsel merupakan provinsi pertama yang menyatakan merdeka dari pemerintahan Belanda.
Di sisi lain, warga Kalsel menyambut hangat wacana Pemindahan Ibu Kota Salah satunya adalah Yuliansyah.
"Kalau sudah pasti dan berjalan, ya, pastinya sebagai masyarakat harus mendukung pemerintah agar bisa menghasilkan kinerja yang terbaik," kata Yuliansyah.

OK guys Mungkin itu saja pembahasan Kali ini, Nah kira kira dari beberapa Alasan Diatas, Apakah kalian Setuju Jika Ibukota Tercinta Kita Ini akan dipindahkan???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar